UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DI KELAS B-2 PAUD KASIH BUNDA DI KECAMATAN PONTIANAK SELATAN

Salastri, Salastri and Zainnudin, Zainnudin and Wahdah, Wahdah (2014) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DI KELAS B-2 PAUD KASIH BUNDA DI KECAMATAN PONTIANAK SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
JURNAL SALASTRI.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dalam pembelajaran guru belum menggunakan teknik yang bervariasi untuk meningkatkan kosakata anak. hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam meningkatkan kosakata masih monoton dan tidak dalam berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Indonesia anak, upaya guru dalam proses pembelajaran, dan hasil dari pelaksaanaa dalam pembelajaran kooperatif tipe think pair and share kelas B-2 Paud Kasih Bunda Pontianak Selatan. Bentuk pelelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dukumentasi. Alat yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan foto. Hasil penelitian dapat disimplkan: 1) perencanaan guru dalam pembelajaran kooperatif tipe thinkpair and share dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak terlaksana dengan baik, 2) pelaksanaan pembelajaran meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Indonesia anak dengan pembelajaran kooperatif telah terlaksana dengan baik, 3) terjadi peningkatan kosakata bahasa Indonesia anak dalam menyebutkan dan menunjukan kosakata anggota tubuh yang telah ditentukan oleh guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif , tipe think pair and share, kosakata bahasa indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:46
Last Modified: 23 Mar 2017 09:46
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item