IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE OLEH GURU PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH I PONTIANAK

Aulia, Isrotul (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE OLEH GURU PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH I PONTIANAK. FAKULTAS AGAMA ISLAM.

[img] Text
JURNAL ISROTUL AULIA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle yang akan memberikan pengalaman mengajar bagi guru, melalui model pembelajaran Inside Outside Circle serta memungkinkan siswa dapat mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, maupun psikomotornya pada masing-masing peserta didik sehingga tercapailah tujuan pembelajaran yang diharapkan. Adapun tujuannya adalah (1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran Inside Outside Circle pada mata pelajaran akhlak di kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah I Pontianak (2) Proses pelaksanaan yang menyangkut persiapan pembelajaran model pembelajaran Inside Outside Circle oleh guru pada mata pelajaran akhlak di kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah I Pontianak (3) Evaluasi model pembelajaran Inside Outside Circle pada mata pelajaran akhlak di kelas XI. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Selanjutnya tempat penelitian SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Teknik pengumpulan data dengan teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan alat yang digunakan adalah, pedoman observasi pedoman wawancara dan foto. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan berupa desain RPP yaitu: perumusan tujuan pembelajaran, mengidentifikasi materi pembelajaran, menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran, menentukan pendekatan (strategi) dan metode pembelajaran, menentukan media dan sumber belajar, dan yang terakhir menyusun alat evaluasi pembelajaran (2) Pelaksanaan adalah a. Kegiatan awal, yang meliputi; salam pembukaan, absensi, peta konsep, membacakan atau menyampaikan tujuan pembelajaran berdasarkan kompetensi yang akan dicapai, b. Kegiatan inti, yang meliputi; orientasi materi, latihan, umpan balik, dan tindak lanjut, c. Kegiatan akhir, yang meliput; kesimpulan, penilaian/evaluasi, umpan balik, tindak lanjut,motivasi akhir dan salam penutup. (3) Evaluasi adalah yaitu tes yang diberikan berupa tes lisan, tes tertulis dan tes perbuatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Inside Outside Circle, Guru Akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:39
Last Modified: 23 Mar 2017 09:39
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item