PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER LATIHAN KHUTBAH JUMAT KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-JIHAD NANGA TEPUAI KABUPATEN KAPUAS HULU

Sahbudin, Awal (2014) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER LATIHAN KHUTBAH JUMAT KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-JIHAD NANGA TEPUAI KABUPATEN KAPUAS HULU. FAKULTAS AGAMA ISLAM.

[img] Text
JURNAL AWAL SAHBUDIN.pdf

Download (341kB)

Abstract

Tujuan penelitian secara umum adalah mengetahui tentang: Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Latihan Khutbah Jumat Kelas XII di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Jihad Nanga Tepuai Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru, kelapa sekolah dan kepala yayasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan observasi non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Perencanaan kegiatan latihan Khutbah Jumat yaitu para ustadz, kepala sekolah serta kepala yayasan mengadakan rapat mengenai kegiatan ekstrakurikuler latihan khutbah jumat agar tidak berbenturan dengan ekstrakurikuler lainnya, mengingat ekstrakurikuler khutbah jumat merupakan kegiatan unggulan di Pondok Pesantren Al-Jihad, 2) Pelaksanaan kegiatan latihan Khutbah Jumat sebelum tampil materi sudah diberikan kepada santri seminggu sebelum pelaksanaan latihan, kemudian santri mempersiapkan naskah teks berupa kerangka pikir atau dalam bentuk lain, santri memeriksakan naskah teks atau konsep kerangka piker kepada musyrif atau pembina dan mempersiapkan dengan baik naskah atau konsep yang sudah disetujui dan diperbaiki oleh musyrif. Pelaksanaan kegiatan itu sendiri musyrif menunjuk petugas menjadi Mc, pembicara dan motivator (pembahas) dan diadakan diskusi membahas materi yang disampaikan oleh khatib dan 3) Evaluasi kegiatan latihan Khutbah Jumat dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di MAS Pondok Pesantren Al-Jihad Nanga Tepuai Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2013 melalui proses tatap muka yaitu tampil di atas podium dengan berkhutbah, ustadz memberikan penilaian yang berpedoman pada tiga aspek yaitu: Teknik penyusunan atau gagasan/ide materi (isi materi), ketaatan dalam pembinaan dan Teknik penyampaian: bahasa, intonasi dan mimik wajah. Hasil dari penilaian tersebut akan dimasukkan ke dalam nilai harian dan nantinya akan dimasukkan pada nilai raport.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler, Latihan Khutbah Jumat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:37
Last Modified: 23 Mar 2017 09:37
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item