SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR MATA KULIAH FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM PADA MAHASISWA YANG SUDAH BEKERJA PADA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH

Ahmad, Ahmad (2014) SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR MATA KULIAH FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM PADA MAHASISWA YANG SUDAH BEKERJA PADA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH. FAKULTAS AGAMA ISLAM.

[img] Text
JURNAL AHMAD.pdf

Download (539kB)

Abstract

Mahasiswa merupakan sebutan bagi pelajar yang menempuh pendidikan jenjang perguruan tinggi, yang mana kesibukan dalam belajarpun bertambah, tidak lagi seperti pada tingkat pendidikan SD, SMP, SMU. Masalah kesibukan belajar dan mengejakan tugas-tugas kuliah merupakan kebiasaan yang tidak dapat dihindari, sehingga terkadang telat makan, telat tidur dan lupa waktu merupakan hal yang biasa bagi setiap mahasiswa yang sedang melaksanakan pendidikan dibangku kuliah. Sedang berkerja adalah sebuah rutinitas yang mana dilakukan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan imbalan atau upah dari hasil pekerjaanya, yang mana hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan guna kelangsungan hidupnya. Seperti pada hadist Rasulullah s.a.w. Dalam himpunan hadist shohih bukhari dalam Ahmad Sunarto dan Syamsuddin Noor ( 2009 : 205 ) عَنْ المِقْدَإمِ رضى الله عنه عَنِ النَّبِىِ صلّى الله عليهِ وسلّمَ قال مَااَكَلَ اَحَدٌ طَعَامًا قَطُّ خَيْرًا مِنْ اَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمَلِ يَدِ هِ وَاِنَّ نَبِىَّ اللهِ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَأكُلُ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ Artinya: Dari Miqdam R.A. dari Rasulullah s.a.w. bersabda,” Seseorang tidak pernah memakan makanan yang lebih baik dari pada makan dari pekerjaan tanganya. Dan sesungguhnya Nabi Allah Dawud a.s senantiasa makan dari hasil tangannya” (HR. Bukhari) Penulis akan mengkrucutkan permasalahan yaitu pada sikap dan kebiasaan belajar para mahasiswa yang telah bekerja pada mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam,dilingkungan Fakultas Pendidikan agama Islam Universitas Muhammadiyah.. Urgensi masalah dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana sikap dan kebiasaan belajar para mahasiswa yang bekerja sebagai karyawan baik di Instansi pemerintah maupun swasta dalam mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam apakah benar-benar menimba ilmu serta akan mengaplikasikan ilmu Filsafat Pendidikan Islam dikehidupan sehari-hari atau hanya sekedar memenuhi syarat gelar sarjana saja dan tidak sedikita dari mereka telah mengajar disekolah-sekolah baik negeri maupun swasta. Pentingnya melakukan penelitian ini yaitu memberikan gambaran jelas kepada para mahasiswa tentang sikap dan kebiasaan belajar para mahasiswa yang telah bekerja terhadap mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam, penelitian ini sebagai media informasi serta mengajak para pembaca untuk introspeksi diri tentang sikap dan kebiasaan belajar di Fakultas masing-masing karena salah satu alasan menimba ilmu di Fakultas Agama Islam adalah menjadi guru yang seharusnya digugu dan ditiru oleh murid-muridnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: filsafat pendidikan, islam, fakultas agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:32
Last Modified: 23 Mar 2017 09:32
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item