UPAYA PENGASUH DALAM MENGOPTIMALKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH TUNAS MELATI KOTA PONTIANAK

KARIM, ABDUL and ELI, ELI and HERIANSYAH, HERIANSYAH (2014) UPAYA PENGASUH DALAM MENGOPTIMALKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH TUNAS MELATI KOTA PONTIANAK. FAKULTAS AGAMA ISLAM.

[img] Text
JURNAL ABDUL KARIM.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui upaya yang dilakukan pengasuh dalam mengoptimalkan aktivitas belajar anak panti asuhan Muhammadiyah Tunas Melati kota Pontianak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskritif. Hasil analisis data menunjukan bahwa upaya yang dilakukan pengasuh panti asuhan Tunas Melati sudah memenuhi kedua unsur yang harus diperhatikan dalam mengoptimalkan belajar anak, yaitu pendidikan formal, pendidikan informal.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan mengetahui tentang:1) Mendeskripsikan upaya pengasuh dalam mengoptimalkan aktivitas belajar anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Tunas Melati Kota Pontianak. 2) Mendeskripsikan kerjasama pengasuh dengan pihak lain yang terkait dalam mengoptimalkan aktivitas belajar anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Tunas Melati Kota Pontianak. 3) Mendeskripsikan faktor yang menghambat dan mendukung dalam mengoptimalkan aktivitas belajar anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Tunas Melati Kota Pontianak. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Upaya pengasuh dalam mengoptimalkan aktivitas belajar anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Tunas Melati Kota Pontianak, diantaranya membuat jadwal kegiatan belajar tambahan berdasarkan jenjang pendidikan, memberikan motivasi kepada anak, dan Memberikan sanksi kepada anak asuh yang tidak mengikuti kegiatan belajar tambahan. Kerjasama pengasuh dengan pihak lain yang terkait dalam mengoptimalkan aktivitas belajar anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Tunas Melati Kota Pontianak, diantaranya kerjasama dengan pihak LES (Belajar Tambahan), pengurus panti, sekolah, masyarakat, kuluarga anak panti. Selanjutnya, hasil anaslisis data menunjukan bahwa faktor penghambat yang dihadapi pengasuh dalam mengoptimalkan aktivitas belajar anak panti asuhan Muhammadiyah Tunas Melati kota Pontianak dikategorikan menjadi dua yaitu faktor penghambat yang bersifat internal dan eskternal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Upaya Pengasuh, Mengoptimalkan Aktivitas Belajar Anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:27
Last Modified: 23 Mar 2017 09:27
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item