UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 44 PONTIANAK

DEVIYANTI, LARAS (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 44 PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 44 Pontianak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh timbulnya kesenjangan antara rendahnya konsentrasi belajar peserta didik dengan upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menjelaskan bagaimana upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 44 Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan datanya dengan cara membercheck, sedangkan untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, penarikan/verivikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 44 Pontianak diantaranya yaitu sebelum masuk kedalam kelas peserta didik harus baris berbaris terlebih dahulu dengan rapih dan dicek kebersihan serta kerapian dalam berseragam, guru memberikan kesiapan belajar yang bagus yakni dengan kesiapan mental dan rohani sebelum memulai pembelajaran dengan membaca doa belajar, membaca surah-surah pendek didalam Al-Qur’an, menanamkan minat belajar kepada peserta didik yakni berupa penggunaan media-media pembelajaran yang menarik untuk membuat peserta didik tertarik pada pelajaran yang akan dipelajari, menggunakan metode atau trik-trik mengajar yang menyenangkan yakni penggunaan trik manajemen kelas dan trik suasana bisu yang bervariasi bermain sambil belajar untuk mengembalikan konsentrasi peserta didik yang mulai menurun, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta melakukan pengkondisian kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru meningkatkan konsentrasi belajar siswa
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:09
Last Modified: 26 Jan 2023 03:09
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1871

Actions (login required)

View Item View Item