PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGELOLA PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 PONTIANAK TAHUN 2019/2020

KARTIKA, KARTIKA (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGELOLA PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 PONTIANAK TAHUN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)

Abstract

ujuan penelitian ini untuk mendapatkan menjaring informan tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam untuk mengelola pembelajaran di madrasah ibtidaiyah negeri 3 pontianak, adapun masalah penelitian adalah: 1) Perencanaan kepala sekolah dalam proses pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dengan beberapa cara yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru, 2) Pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kemampuan guru, 3) Evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kemampuan guru Pedidikan Agama Islam. Dalam melaksanakan supervisi pendidikan kepada guru-guru dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Adapun Subjek penelitian ini kepala sekolah, wakil kepala, dan dua orang guru. Prosedur pengumpulan data yang digunakan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Ada sebagian guru yang tidak menggunakan RPP sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran, hal itu tentu menjadi kewajiban kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kemampuan guru. Hasil penelitian ini menyajikan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisormenunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran di sekolah tersebut, dalam perencanaan supervisi terhadap guru, baik penyusun program pembelajaran serta membantu memberikan arahan yang baik untuk meningkatkan pengetahuan guru, sedangkan pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mencapai tujuan supervisi dengan melaksanakan proses pembelajaran berjalan dengan efektif sesuai perencanaan dan evaluasi supervisi yang dilakukan, perbaikan dalam pengajaran serta penguatan dan motivasi, proses pembelajaran dalam perkembangan hasil supervisi pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran kepala sekolah, sebagai supervisor
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:43
Last Modified: 25 Jan 2023 03:47
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item