PEMBELAJARAN PBI MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI SMP N 21 PONTIANAK

Ratna, Dewi and Muldayanti, Nuri Dewi and Kurniawan, Arif Didik (2014) PEMBELAJARAN PBI MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI SMP N 21 PONTIANAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL DEWI RATNA.pdf - Published Version

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang telah dilakukan di SMP N 21 Pontianak, menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah pada mata pelajaran IPA Biologi khususnya materi sistem pencernaan manusia. Tujuan penelitian ini adalah pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) menggunakan media ular tangga dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Biologi siswa di SMP N 21 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII SMP N 21 Pontianak yang berjumlah 35 orang. Tiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa IPA Biologi materi sistem pencernaan manusia. Peningkatan ini di dukung dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas. Hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 74, 28% setelah di lanjutkan ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,43% menjadi 85,71%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 71, 42% setelah di lanjutkan ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 14,29% menjadi 85,71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Probem Based Instruction (PBI) menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PBI, Ular Tangga, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:17
Last Modified: 23 Mar 2017 09:58
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item