HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MANDI, PENGGUNAAN HANDUK DAN MENGGANTI PAKAIAN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT PANU PADA MASYARAKAT YANG BERUSIA 14-44 TAHUN DI KECAMATAN MEMPAWAH HILIR KABUPATEN MEMPAWAH

M FERRY SATRYA PUTRA, 071510359 (2015) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MANDI, PENGGUNAAN HANDUK DAN MENGGANTI PAKAIAN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT PANU PADA MASYARAKAT YANG BERUSIA 14-44 TAHUN DI KECAMATAN MEMPAWAH HILIR KABUPATEN MEMPAWAH. Diploma thesis, UM Pontianak.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK & DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Data Puskesmas Mempawah Hilir pada tahun 2012 berjumlah 30 kasus penyakit panu, tahun 2013 berjumlah 84 kasus penyakit panu dan pada tahun 2014 berjumlah 86 kasus penyakit panu (Profil Puskesmas Mempawah Hilir, 2014). Berdasarkan data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan setiap tahunnya di Puskesmas Mempawah Hilir. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasan mandi, penggunaan handuk dan menganti pakaian dengan kejadian penyakit panu pada masyarakat yang berusia 14-44 tahun di Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah. Jenis penelitian adalah observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Penentuan jumlah sampel diperoleh 100 sampel. Uji yang digunakan adalah Uji Chi Square. Berdasarkan hasil analisis statistik dan tujuan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: ada hubungan antara kebiasan mandi dengan kejadian penyakit panu pada masyarakat yang berusia 14-44 tahun di Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah (p=0,001). Serta tidak ada hubungan antara penggunaan handuk (p=0,723) dan mengganti pakaian (p=0,645) dengan kejadian penyakit panu pada masyarakat yang berusia 14-44 tahun di Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah Bagi puskesmas sebagai bahan referensi dan masukkan bagi puskesmas dalam menentukan kebijakan di tahun berikutnya dalam pencegahan kejadian penyakit panu pada masyarakat dan dapat memberikan penyuluhan pada masyarakat mengenai penyakit panu yang meliputi penyebab, pencegahan dan pengobatannya dan masyarakat diharapkan responden mandi minimal 2 kali sehari, menggunakan sabun untuk menghilangkan kotoran di seluruh tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Unnamed user with email repository@unmuhpnk.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2016 07:24
Last Modified: 10 Dec 2016 07:24
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item View Item