UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XI DALAM MENTERJEMAHKAN MATERI QIRO’AH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 2 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HAMKA, MUHAMMAD (2017) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XI DALAM MENTERJEMAHKAN MATERI QIRO’AH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 2 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan siswa dalam menterjemahkan materi Qiro’ah Pada Pelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa Kelas XI dalam menterjemahkan materi Qiro’ah. Adapun tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan mengenai meningkatkan kemampuan siswa Kelas XI dalam menterjemahkan materi Qiro’ah Pada Pelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri 2 Sungai RayaMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan ialah studi kasus. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Upaya yang dilakukan guru bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas XI menterjemahkan materi qiro’ah yaitu dengan mengadakan jam tambahan belajar di luar jam mengajar atau disebut dengan les bahasa Arab, menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi, mengajarkan cara menggunakan kamus bahasa Arab, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, membentuk kelompok belajar siswa, mengajarkan cara menterjemahkan, mengajarkan siswa kaidah yang berhubungan dengan tashrif, mengenalkan siswa bagaimana menemukan kata kerja bentuk lampau (fi’il madhi), kata kerja bentuk sekarang dan akan datang (fi’il mudhori’) dan kata kerja bentuk perintah (fi’il amar), mengenalkan kepada siswa bagaimana menentukan subjek, jumlah subjek dan jenis subjek (laki-laki atau perempuan) dari suatu perkejaan, mengenalkan kepada siswa bagaimana menentukan objek, jumlah objek dan jenis ojek (laki-laki atau perempuan) dari suatu perkejaan, mengenalkan kepada siswa cara menemukan fa’il, dan mengenalkan kepada siswa bagaimana menentukan jumlah fa’il dari kata kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kemampuan Siswa Menterjemahkan
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 30 May 2023 08:18
Last Modified: 30 May 2023 08:18
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item