KORELASI ANTARA HASIL PRETEST DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X A PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TAHUN 2018-2019/ GANJIL DI MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PONTIANAK

WAHYUDI, WAHYUDI (2018) KORELASI ANTARA HASIL PRETEST DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X A PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TAHUN 2018-2019/ GANJIL DI MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)

Abstract

Pemberian pretest merupakan upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diharapkan dengan diadakannya pemberian pretest ini anak didik akan selalu siap untuk belajar di sekolah maupun di rumah sehingga tidak hanya pada saat menghadapi ulangan atau akan diberikan test saja anak didik baru akan mempersiapkan diri untuk mengikuti test ataupun ulangan. Pemberian pretest adalah sebagian dari usaha untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan mereka tentang materi pelajaran yang saat itu sedang dipelajarinya. Dari hal tersebut peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian di Madrasah AlAnwar Pontianak bertujuan untuk: (1) Bagaimana hasil pretest yang dilakukan guru mata pelajaran akidah akhlak tahun 2018-2019 / ganjil pada siswa kelas X A madrasah aliyah Al-anwar pontianak? (2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas X A madrasah aliyah Al-anwar pontianak pada mata pelajaran akidah akhlak tahun 2018-2019 / ganjil? (3) Apakah terdapat hubungan antara hasil pretest dengan motivasi belajar siswa kelas X A madrasah aliyah al-anwar pontianak pada mata pelajaran akidah akhlak tahun 2018-2019 / ganjil? Dalam penelitian ini digunakan metode tes, dokumentasi, observasi dan wawancara (interview). Metode tes digunakan untuk melihat hasil Pretest siswa di Madrasah aliyah al-anwar pontianak. Sedangkan metode dokumentasi, observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar Siswa Kelas X A pada mata pelajran Akidah Akhlak tahun 2018-2019 / ganjil di MA Al-Anwar Pontianak meningkat dilihat dari Kreteria Interpretasi Effect Size dari Cohen (1988) diperoleh nilai 47,4% dengan nilai Effect Size (ES) 0,8 nilai ini membuktikan bahwa kriteria interprestasinya sangat besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pretest, Motivasi Belajar
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 30 May 2023 08:18
Last Modified: 30 May 2023 08:18
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item