ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PROGRAM REHABILITASI SOSIAL RUMAH BANTUAN TIDAK LAYAK HUNI (RS-RTLH) DI KECAMATAN SERASAN TIMUR

RAHIMIN, RAHIMIN (2020) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PROGRAM REHABILITASI SOSIAL RUMAH BANTUAN TIDAK LAYAK HUNI (RS-RTLH) DI KECAMATAN SERASAN TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (708kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat pada pelayanan Program Rehabilitasi Sosial Rumah Bantuan Tidak Layak Huni (RSRTLH) di Kecamatan Serasan Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Serasan Timur yang menerima rumah bantuan berjumlah 63 orang tahun 2019. Jumlah sampel sebanyak 63 orang masyarakat Kecamatan Serasan Timur yang menerima rumah bantuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Metode analisis menggunakan uji instrument data berupa uji validitas dan reliabilitas dan analisis Kartesius. Hasil analisis dapat disimpulkan yaitu : 1) Pelayanan Program Rehabilitasi Sosial Rumah Bantuan Tidak Layak Huni (RS-RTLH) yang diberikan oleh Dinas Sosial Ranai Kabupaten Natuna kepada masyarakat Kecamatan Serasan Timur Kabupaten Natuna, belum memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat (tidak puas). Tidak terpenuhinya kebutuhan dan keinginan masyarakat dalam menurus proses pemilikan rumah bantuan tersebut ditunjukkan dengan nilai kepuasan masyarakat pada lima indikator tangibel (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) dari penelitian yang dilakukan bernilai Cukup Baik, dalam arti masih harus ditingkatkan lagi, sehingga kelima dimensi pelayanan tersebut perlu dilakukan perbaikan. 2) Atribut-atribut pelayanan yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan pada Pelayanan Program Rehabiltasi Sosial Rumah Bantuan Tidak Layak Huni (RSRTLH) oleh Dinas Sosial Ranai Kabupaten Natuna yaitu atribut yang masuk pada kuadran utama (kuadran A), meliputi atribut kemampuan pelayanan yang diberikan pegawai, kecepatan pegawai melayani masyarakat pemohon, memberikan kepastian jaminan tepat waktu dalam pelayanan dan menghargai setiap keluhan masyarakat pemohon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Masyarakat/Konsumen, Pelayanan
Subjects: - Ilmu Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:31
Last Modified: 07 Nov 2022 07:31
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item