PERMAINAN TRADISIONAL KUCING DAN TIKUS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTIF DI TAMAN KANAK-KANAK LEMBAGA KESEJAHTERAAN IBU DAN ANAK (LKIA) I PONTIANAK

EMI MUHARNI, 081610461 and Heriansyah, M.Pd, Mr and Diana, M.Pd, mrs (2014) PERMAINAN TRADISIONAL KUCING DAN TIKUS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTIF DI TAMAN KANAK-KANAK LEMBAGA KESEJAHTERAAN IBU DAN ANAK (LKIA) I PONTIANAK. FKIP Program Studi PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh permainan yang ada tidak mengarah pada peningkatan gerak lokomotif anak. Anak tidak diajarkan untuk lari-larian atau bermain dengan permainan tradisional yang melibatkan banyak gerak serta tata cara permainan. Permainan yang dilaksanakan cenderung pasif dalam arti anak tidak dituntut untuk bergerak banyak, hanya bermain permainan yang disediakan di sekolah, tanpa ada alternatif tambahan sehingga terkesan seadanya, misalnya: bermain ayunan, plosotan, dan lain sebagainya. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dalam bentuk PTK. Tempat penelitian di Taman Kanak-kanak LKIA I Pontianak. Pengumpulan data dengan teknik: observasi dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah lembar observasi dan dukumentasi. Hasil penelitian (1) Pelaksanaan Permainan tradisional kucing dan tikus dengan pergerak Lokomotif yaitu guru mengarahkan dan memberikan penjelasan singkat mengenai kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan atau dilaksanakan, setelah anak memahami penjelasan tersebut guru dan peneliti mengajak anak-anak untuk melakukan gerak Lokomotif tersebut (2) Terdapat peningkatan kemampuan gerak lokomotif pada siklus II petemuan 1 sudah mengalami peningkatan 28%. pertemuan ke 2 mengalami peningkatan 31%, dan pada siklus III pertemuan 1 mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu 86%. Disarankan: (1) Diharapkan kepada sekolah untuk memberikan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran gerak Lokomotif, dengan gerak Lokomotif tersebut dapat meningkatkan hasil belajar anak (2) Diharapkan guru dapat menerapkan gerak Lokomotif yang dapat menunjang proses pembelajaran dalam hal meningkatkan kemampuan (3) Diharapkan kepada anak agar lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan supaya anak lebih bersemangat dalam menerima pelajaran. Kata Kunci: Permainan tradisional kucing dan tikus, kemampuan gerak lokomotif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Permainan tradisional kucing dan tikus, kemampuan gerak lokomotif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 22 Mar 2017 12:16
Last Modified: 22 Mar 2017 12:16
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item