PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KEMANDIRIAN MERAPIKAN MAINAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD LABORATORIUM MODEL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

Elisa, S.Pd, mrs and H. Sutrisno, S.Pd, SH, M.Si, mr and Hj. Sudarti, M.Pd, mrs (2014) PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN KEMANDIRIAN MERAPIKAN MAINAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD LABORATORIUM MODEL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK. FKIP Program Studi PG PAUD.

[img]
Preview
Text
JURNAL ELISA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan media animasi audio visual dapat merangsang anak dalam pembelajaran kemandirian merapikan mainan, bagi anak melihat suatu peristiwa yang berlangsung, lebih menarik serta tertarik dari pada hanya mendengar penjelasan guru. Tujuan 1) pemanfaatan media animasi audio visual dalam pembelajaran kemandirian merapikan mainan pada anak usia 3 4 tahun, 2) pelaksanaan pemanfaatan media animasi audio visual dalam pembelajaran kemandirian merapikan mainan pada anak usia 3 4 tahun, 3) evaluasi pemanfaatan media animasi audio visual dalam pembelajaran kemandirian merapikan mainan pada anak usia 3 – 4 tahun. Menggunakan metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, dan pendekatan kualitatif. Selanjutnya tempat penelitian di PAUD Laboratorium Universitas Muhammadiyah Pontianak. Teknik pengumpulan data dengan teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan foto, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni member check dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa disetiap pertemuan mengalami peningkatan kemandirian dalam merapikan mainan. Hasil penelitian ini terdiri dari: 1) perencanaan pembelajaran, Perencanaan pembelajaran yang pertama yaitu guru harus menyiapkan materi dan LKS yang akan disampaikan kepada anak, kedua menyiapkan media yang akan digunakan. Selain itu guru juga harus membuat RKH yang dirangkum dalam bahan ajar 2) Pelaksanaan pembelajaran, a. Kegiatan awal, b. Kegiatan inti, c. Istirahat, dan d. Kegiatan akhir. 3) evaluasi pemanfaatan media animasi audio visual dalam pembelajaran kemandirian merapikan mainan dengan cara tanya jawab atau dengan cara menceritakan kembali atas materi yang telah dipelajari. Kata kunci: Media Pembelajaran, Kemandirian Anak Usia Dini

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Pembelajaran, Kemandirian Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 22 Mar 2017 12:11
Last Modified: 22 Mar 2017 12:11
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item