UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MUSEUM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAMAN PENA KUALA DUA KUBU RAYA

Dwi Matuyatul Makrifah, mrs and Dr. Mawardi, MM, mr and Elin B. Somantri, mr (2014) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MUSEUM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAMAN PENA KUALA DUA KUBU RAYA. FKIP Program Studi PG PAUD.

[img]
Preview
Text
JURNAL DWI MATUYATUL MAGRIFAH.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi di lapangan yaitu kemampuan mengenal benda-benda di lingkungan sekitar dengan menggunakan metode museum anak belum meningkat secara optimal dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar belum dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan oleh guru hanya mengenalkan huruf, angka dengan menggunakan papan tulis, sedangkan mengenalkan benda hanya menggunakan metode ceramah dan gambar. Sehingga anak kurang mengenal benda-benda di lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perencanaan pembelajaran mengenal benda-benda di lingkungan sekitar anak melalui metode museum anak pada usia 4-5 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini Taman Pena Kuala Dua Kubu Raya, 2) Pelaksanaan pembelajaran mengenal benda-benda di lingkungan sekitar anak melalui metode museum pada usia 4-5 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini Taman Pena Kuala Dua Kubu Raya, 3) Penggunaan metode museum dapat meningkatkan kemampuan mengenal benda-benda di lingkungan sekitar anak pada usia 4-5 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini Taman Pena Kuala Dua Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan jenisnya penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan beberapa tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus tindakan yang saling berkaitan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I 44,17% , siklus II mengalami peningkatan 16,45% sehingga mencapai 60,62%, selanjutnya siklus III mengalami peningkatan 15,01% sehingga mencapai 75,63%. Saran diberikan secara umum bahwa metode museum dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dan aspek-aspek lain seperti sosial, emosi kognisi, dan moral pada anak dan metode ini mudah dan dimengerti oleh anak akan memudahkan anak untuk belajar dan mengingat apa yang dijelaskan oleh guru. Kata Kunci: Metode Museum, Mengenal Benda-Benda di Lingkungan Sekitar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Museum, Mengenal Benda-Benda di Lingkungan Sekitar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 22 Mar 2017 12:08
Last Modified: 22 Mar 2017 12:08
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item