EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA BERBANTUAN MEDIA KARTU KATION-ANION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK PANCA BHAKTI SUNGAI RAYA

NOVITASARI, NOVITASARI (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA BERBANTUAN MEDIA KARTU KATION-ANION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK PANCA BHAKTI SUNGAI RAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img] Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK Panca Bhakti Sungai Raya pada pelajaran kimia khususnya materi tata nama senyawa dikarenakan kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep tata nama senyawa. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep sesuai dengan karakteristik materi dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan keefektifan model pembelajaran antara sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu kation-anion pada materi tata nama senyawa. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian One Grup Pretest-Postest dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa kelas X Farmasi SMK Panca Bhakti Sungai Raya. Teknik dan alat pengumpul data menggunakan tes hasil belajar, observasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 15,20 dan nilai ratarata posttest sebesar 72,50. Hasil analisis statistik uji Wilcoxon menunjukan nilai 0,00<0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu kation-anion. Besarnya keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe make a match diketahui dari perhitungan nilai gain sebesar 0,68 dalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu kation-anion dapat diterapkan pada materi tata nama senyawa untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kartu kation-anion, make a match, tata nama senyawa
Subjects: - Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:35
Last Modified: 17 Oct 2022 07:35
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item