PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD PADA SUB MATERI TATA NAMA SENYAWA HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA ADISUCIPTO SUNGAI RAYA

RAHMI, MAGHFIRATUL (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD PADA SUB MATERI TATA NAMA SENYAWA HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA ADISUCIPTO SUNGAI RAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMA Adisucipto Sungai Raya pada pembelajaran kimia khususnya sub materi tata nama senyawa hidrokarbon dikarenakan kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep tata nama senyawa hidrokarbon. Untuk itu diperlukan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan besarnya peningkatan hasil belajar antara sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe RTE berbantuan media couple card pada sub materi tata nama senyawa hidrokarbon. Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental one-group pretest-posttest design dengan subjek penelitian 13 siswa kelas XI IPA SMA Adisucipto Sungai Raya. Teknik dan alat pengumpul data menggunakan tes hasil belajar, observasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan nilai ratarata pretest sebesar 27,21 dan nilai rata-rata posttest sebesar 75,86. Hasil analisis statistik uji Wilcoxon menunjukkan nilai 0,01 yaitu lebih kecil dari α (0,01<0,05) yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe RTE berbantuan media couple card. Besarnya peningkatan hasil belajar diketahui dari perhitungan nilai gain sebesar 0,67 dalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe RTE berbantuan media couple card dapat diterapkan pada sub materi tata nama senyawa hidrokarbon untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Couple Card, Rotating Trio Exchange (RTE), Tata Nama Senyawa Hidrokarbon
Subjects: - Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:17
Last Modified: 17 Oct 2022 07:17
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item