ANALISIS KESALAHAN EJAAN DAN MISKONSEPSI BUKU BIOLOGI SMA KELAS XI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

NOVIYANI, SISKA RIAN (2017) ANALISIS KESALAHAN EJAAN DAN MISKONSEPSI BUKU BIOLOGI SMA KELAS XI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesalahan ejaan dan miskonsepsi buku dapat menyebabkan perubahan makna pada kalimat dan kesalahan konsep pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase kesalahan ejaan dan miskonsepsi pada buku biologi materi sistem reproduksi manusia. Pemilihan buku biologi yang dianalisis didasarkan pada nilai ujian nasional. Buku biologi yang dipilih adalah buku teks dan buku LKS yang di gunakan di SMA dengan nilai ujian tinggi dan sedang. Penelitian ini termasuk penelitian analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Hasil analisis kesalahan ejaan menunjukkan indikator kesalahan huruf termasuk kategori sangat tinggi, pada buku teks 85,7%, buku LKS 92,9%. Kesalahan tanda baca termasuk kategori sangat rendah, pada buku teks 14,3%, buku LKS 7,1%. Tidak ditemukan kesalahan penulisan kata pada kedua buku. Hasil analisis miskonsepsi teks pada buku teks termasuk miskonsepsi sedang dan buku LKS termasuk miskonsepsi rendah, indikator oversimplification pada buku teks 16,34%, buku LKS 9,01%, undergeneralization pada buku teks 4,90%, buku LKS 3,10%, misidentification pada buku teks 3,92%, buku LKS 4,51%, overgeneralization pada buku teks 5,23%, buku LKS 1,69%, obsolete concept and term pada buku teks 0,98%, buku LKS 0,28%. Miskonsepsi gambar buku teks dan LKS termasuk kategori miskonsepsi tinggi, indikator oversimplification pada buku teks 80%, buku LKS 37,50%, misidentification pada buku teks 20%, buku LKS 31,25%, sedangkan tidak terdapat miskonsepsi gambar pada indikator overgeneralization, undergeneralization, obsolete concept and term pada kedua buku. Disimpulkan terdapat kesalahan ejaan dan miskonsepsi pada buku teks dan buku LKS biologi materi sistem reproduksi manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: buku teks, buku LKS, kesalahan ejaan, miskonsepsi
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:04
Last Modified: 13 Oct 2022 02:04
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item