ANALISIS MOTIVASI BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

ANGGRAENI, SAFITRI (2021) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada pertengahan Maret 2020 memberi dampak bagi dunia pendidikan Indonesia. Pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan dengan meniadakan pembelajaran tatap muka dan diganti belajar secara daring atau e-learning. Penelitian ini bertujuan menganalisis motivasi belajar IPA pada pembelajaran e-learning kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pontianak. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif, sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil angket motivasi belajar secara elearning, sumber data sekunder yaitu hasil wawancara dengan guru IPA kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pontianak. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil angket dan wawancara motivasi belajar siswa pada pembelajaran e-learning menunjukkan persentase motivasi siswa per kategori yaitu pada kemampuan kuat sebesar 71,83%, kemampuan cukup yaitu 25,35% dan kemampuan sangat kuat yaitu 2,82%. Secara keseluruhan kelas VII A ada 5 siswa memiliki kemampuan cukup yaitu 23,81% dan 14 siswa memiliki kemampuan kuat yaitu 66,67%, sedangkan pada kemampuan sangat kuat ada 2 siswa yaitu 9,52%. Pada kelas VII B ada 6 siswa yang memiliki kemampuan cukup yaitu 24% dan 19 siswa memiliki kemampuan kuat yaitu 76%. Sedangkan pada kelas VII C ada 7 siswa yang memiliki kemampuan cukup yaitu 28% dan 18 siswa memiliki kemampuan kuat yaitu 72%. Indikator yang memiliki nilai persentase paling tinggi yaitu pertama kegiatan yang menarik dalam belajar yaitu 66,44%, kedua harapan dan cita-cita masa depan yaitu 66,42%, ketiga hasrat dan keinginan berhasil yaitu 64,37%, keempat dorongan dan kebutuhan dalam belajar yaitu 64,22%, dan kelima lingkungan yang kondusif yaitu 63,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar IPA pada pembelajaran e-learning siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pontianak memiliki kategori motivasi kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, E-learning,Motivasi.
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:24
Last Modified: 12 Oct 2022 03:24
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item