AINI, NUR (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII SMP ISLAMIYAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.
|
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
Abstract
Hasi belajar siswa kelas VIII SMP Islamiyah pada mata pelajaran IPA masih di bawah KKM 70, khususnya pada sub materi sistem gerak manusia dengan persentase ketidaktuntasan 40,48%, penerapan metode pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan besarnya pengaruh sebalum dan sesudah menggunakan model STAD terhadap hasil belajar siswa. Bentuk penelitian yang digunakana adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalen Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik Sampling jenuh yaitu kelas VIII SMP. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji U-Mann Whitney di peroleh hasil dengan taraf signifikan sebesar 0,000<0,05. Untuk perhitungan Normalized pretest postest diperoleh hasil sebesar 0,74 tergolong tinggi. Kesimpulan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh sebelum dan sesudah menggunaan metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode STAD, Hasil Belajar, Sistem Gerak Manusia |
Subjects: | - Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin 2 |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 03:03 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 03:03 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1504 |
Actions (login required)
View Item |