STUDI KOMPARASI THE POWER OF TWO DAN PEER TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

OKTAVIANA, EVA (2021) STUDI KOMPARASI THE POWER OF TWO DAN PEER TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di MAS Al-Muttaqien Suhaid belum mewujudkan literasi lingkungan dan kemampuan berpikir kritis. Diperlukan penerapan metode pembelajaran untuk memperbaiki kedua permasalahan tersebut. Berdasarkan literatur, metode pembelajaran The Power of Two dan Peer Teaching berpengaruh terhadap literasi lingkungan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode The Power of Two dan Peer Teaching berbantuan media audio visual pada pembelajaran Biologi di MAS AlMuttaqien Suhaid pada siswa kelas X MAS Al-Muttaqien Suhaid. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk Quasi Experimental Design dengan rancangan Control Group Pretest-Posttest. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes literasi lingkungan, tes kemampuan berpikir kritis, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan literasi lingkungan siswa yang diajarkan menggunakan The Power of Two dan Peer Teaching berbeda secara signifikan dengan hasil uji T-test sebesar 0,027. sedangkan hasil uji T-test kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan metode The Power of Two dan Peer Teaching juga berbeda secara signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,039. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan literasi lingkungan dan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode The Power of Two dengan berbantuan media audio visual dengan yang menggunakan metode Peer Teaching dengan berbantuan media audio visual. Metode The Power Of Two dengan berbantuan media audio visual lebih efektif untuk meningkatkan literasi lingkungan dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Literasi Lingkungan, Media Audio Visual, Peer Teaching, Pembelajaran Biologi, The Power Of Two.
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:09
Last Modified: 12 Oct 2022 02:09
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item View Item