PEMBELAJARAN REALISTIK BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 PUTUSSIBAU

HARTATI, ENDANG (2017) PEMBELAJARAN REALISTIK BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 PUTUSSIBAU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan guru biologi selama ini adalah model konvensional dengan metode ceramah. Sehingga, peran guru mendominasi pembelajaran dan motivasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Realistik berbantuan Power Point dengan model Pembelajaran Konvensional pada materi sistem pencernaan di kelas VIII SMP N 7 Putussibau. Pengaruh model Pembelajaran Realistik terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan siswa kelas VIII SMP N 7 Putussibau. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian menggunakan Quasi experimental design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Berdasarkan uji U-Mann Whitney skor motivasi diperoleh angka signifikan 0,788>0,05, berarti tidak terdapat perbedaan motivasi kelas kontrol dan eksperimen. Uji U-Mann Whitney nilai gain hasil belajar diperoleh angka signifikan 0,000<0,05, bearti terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan eksperimen. Perhitungan Effect Size untuk motivasi dan hasil belajar masingmasing 0,28 (berpengaruh kecil) dan 2,97 (berpengaruh tinggi). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Penggunaan Model Pembelajaran Realistik berbantuan Power Point memberikan pengaruh kecil terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk hasil belajar siswa Model Pembelajaran Realistik berbantuan Power Point memberikan pengaruh tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Realistik, Motivasi, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:56
Last Modified: 12 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item