SARI, DEWI NOVIA (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.
|
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
|
Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Materi Sistem Pernapasan Manusia merupakan materi yang belum mencapai KKM yaitu 75. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia dapat mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh metode pembelajaran Peer Teaching terhadap hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia pada siswa SMP Negeri 17 Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Exsperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Hasil uji U Mann-Whitney diperoleh Asymp. Sig. ( 2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode Peer Teaching dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode ceramah. Sedangkan berdasarkan perhitungan Effect Size, metode pembelajaran Peer Teaching terhadap hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia memberikan kontribusi terhadap persentase pengaruh hasil belajar sebesar 75,4%. Hal ini menunjukan metode Peer Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pontianak pada materi sistem pernapasan manusia dengan nilai Effect Size (ES) 1.750 (tergolong tinggi).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Peer Teaching , Hasil Belajar IPA, Sistem Pernapasan Manusia |
Subjects: | - Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin 2 |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 06:18 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 06:18 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1497 |
Actions (login required)
View Item |