PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN SENI TARI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU KECAMATAN PONTIANAK TENGGAR

Desy Juliawat, 101610228 and Elin.B.Somantri, mr and Diana, mrs (2014) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN SENI TARI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU KECAMATAN PONTIANAK TENGGAR. FKIP Program Studi PG PAUD.

[img]
Preview
Text
JURNAL DESY JULIAWATI.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Abstrak:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa pembelajaran pada anak usia 4-5 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Kecamatan Pontianak Tenggara adalah masih kurangnya pemberian pembelajaran dalam hal kesenian khususnya dalam seni tari, kegiatan dalam seni tari hanya diberikan pada saat akan dilaksanakannya acara perpisahan sekolah dan kegiatan lomba porseni saja. Saat melaksanakan kegiatan pembelajaran kesenian baik seni tari maupun seni musik selain itu pembelajaran yang sering digunakan yaitu kegiatan pembelajaran sentra peran mikro, sentra persiapan, sentra seni kreativitas, dalam pembelajaran seharusnya guru dapat mengembangkan kesenian melalui kegiatan seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan seni tari anak khususnya anak kelas Apel usia 4-5 Tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desaineksperimendanrancangan penelitian yang digunakan adalah model One-Group Pretest-Posttest Design. Subjekpenelitian berjumlah 10 orang, didalam model ini sebelum memulai perlakuan satu kelompok diberi test awal atau pretest untuk mengukur kondisi awal (O1) selanjutnya diberi pelakuan (X). Setelah selesai perlakuan kemudian diberi tes akhir lagi sebagai posttest (O2). Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi : 1) Tahap Persiapan, 2) Tahap Pelaksanaan dan 3) Tahap Akhir. Teknik pengumpulan data meliputi : Instrumen Penelitian, Observasi, Dokumentasi. Perlakuan yang diberikan sebanyak 6 kali pertemuan 3 kali seminggu. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan rumus uji t. Data pada penelitian ini adalah data yang diperoleh dari subjek penelitian yang terdiri dari dua guru, satu peneliti dan 10 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan seni tari anak usia 4-5 tahun sangat mempengaruhi kemampuan gerak tari anak saat diberi tes awal (pretest) kemudian perlakuam dan terakhir diberi tes akhir ( posttest) untuk melihat hasil penilaiannya apakah ada perubahan pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan seni tari. Hasil nilai pretest sebesar 6,2 dan hasil nilai posttest sebasar 13 maka dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode demonstrasi terhadap kemampuan seni tari anak usia 4-5 tahun. Kata kunci : Kemampuan Seni Tari, Metode Demonstrasi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: FKIP Program Studi PG PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:15
Last Modified: 22 Mar 2017 11:33
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item