PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK

NURALAM, MUHAMMAD AMIN (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (842kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)

Abstract

Muhammad Amin Nuralam. NPM. 171410886. Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di Smp Muhammadiyah 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Pontianak. Pembimbing I Dr. Mawardi, MM. Pembimbing II Wahdah, S.Ag. M.Pd. Latar Belakang Masalah: Manusia diciptakan Allah SWT sebagai khalifah di muka bumi, yang bertujuan untuk memakmurkan dan mensejahterakan dunia. Oleh karena itu Allah memberi segala bentuk panca indra dan kemampuan untuk berpikir sebagai bekal kepadanya. Allah SWT memberikan bekal untuk mencapai kesempurnaan insani. Kesempurnaan insani dicapai dengan belajar. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan sistem pembelajaran dalam jaringan atau jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Sebab jika tidak, maka ini akan memberikan dampak negatif terhadap perkembangan kematangan hasil dan pencapaian dari proses pendidikan. Berdasarkan informasi awal, pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) memiliki berbagai macam danpak negatif yaitu, 1) Terganggunya pencapaian kematangan siswa dalam meraih tujuan belajarnya, baik secara akademis maupun psikologis; 2) Terjadinya demotivasi siswa dalam belajar; 3) Siswa kurang bersosialisasi; 4) Pembelajaran bisa saja terputus dikarenakan jaringan yang tidak baik. Tujuan Mengetahui Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, dan Faktor Penghambat pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (Daring) pada mata pelajaran PAI kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Pontianak.Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskripsif. Hasil Penelitian Proses pelaksanaan dalam pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak, yang terdiri dari Perencanaan pembelajaran dalam jaringan (daring)yang meliputi, salam pembuka; memberi motivasi siswa; mengabsen kehadiran siswa. Pelaksanaan pembelajaran yakni menyampaikan isi pembelajaran dan beberapa test. Evaluasi pembelajaran yakni memberikan tugas setelah pembelajaran. Faktor yang menjadi penghambat dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring yakni kesulitan yang dialami oleh siswa seperti tidak memiliki kuota internet; jauh dari jangkauan internet yang bagus; tidak memiliki handphone yang canggih. Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran (Daring), SMP Muhammadiyah 2 Pontianak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pembelajaran (Daring), SMP Muhammadiyah 2 Pontianak.
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:13
Last Modified: 03 Oct 2022 08:13
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item View Item