KESULITAN GURU AGAMA DALAM MERENCANAKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUSSA’DAH PONTIANAK

M. NUZURUL, QALAM (2020) KESULITAN GURU AGAMA DALAM MERENCANAKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUSSA’DAH PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah atas perubahannya kurikulum pada tahun 2013 lalu, kebijakan berdasarkan peraturan Mentri Nomor Tahun 2013 secara resmi menggantikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), akan tetapi penerapan kurikulum 2013 masih belum berjalan seperti yang diharapkan. Implementasi kurikulum 2013 dianggap terlalu tergesah-gesah, karena pemerintah belum dapat memberikan pelatihan kepada guru-guru secara merata terkait mengimplementasikan kurikulum 2013. Implementasi kurikulum 2013 menuai pro dan kontra, hal ini di sebabkan penghentian kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2014/2015 berdasarkan perturan Pentri Nomor 160 Tahun 2014. Salah satu tugas guru adalah merencanakan pembelajaran. merencanakan pembelajaran dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan administrasi yang harus terpenuhi oleh guru sebelum mengajar yang berfungsi untuk memudahkan guru dalam melaksanakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan guru Agama dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu : wawancara terbuka, dan dokumentasi. Teknik analisis data di awali dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksa keabsahan data di lakukan dengan triangulasi dan pengecekan anggota. Informan utama penelitian ini adalah Kepala Madrasah, bidang Kurikulum, dan guru Agama. Hasil penelitian ini berupa penyebab yang menjadi kesulitan guru daam menerapkan Kurikulum 2013 yaitu : (1) disebabkan kurikulum baru, (2) disebabkan pemahaman terhadap kurikullum, (3) disebabkan sudah terbiasa dengan kurikulum lama, (4) disebabkan pengoperasian komputer, (5) disebabkan pendidikan. Dalam penelitian ini juga di temukan pula kesulitan guru yang berkenaan dengan komponen RPP yaitu : alokasi waktu, Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Strategi dan Metode Pembelajaran, Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran, Langkah-langkah Pembelajaran, Penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Kurikulum 2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:54
Last Modified: 03 Oct 2022 07:54
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item