ANALISIS KORELASI SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 3 SUNGAI KAKAP

KHAIRAWATI, KHAIRAWATI and RAHAYU, HANUM MUKTI and SETIADI, ANANDITA EKA (2018) ANALISIS KORELASI SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 3 SUNGAI KAKAP. Pena Kreatif, 7 (1). pp. 52-61. ISSN 2541-2264

[img]
Preview
Text
14 ANALISIS KORELASI SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 3 SUNGAI KAKAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sikap ilmiah merupakan perilaku individu dalam memecahkan suatu masalah dengan langkah-langkah ilmiah. Sikap ilmiah menghasilkan pengetahuan dan keterampilan. Prestasi belajar merupakan penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah siswa, prestasi belajar siswa dan korelasi sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumenter nilai ulangan harian siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Sikap ilmiah yang diteliti yaitu sikap rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab, teliti, kerjasama, jujur dan kepedulian. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata sikap ilmiah 69,98% pada kategori cukup. Sikap ilmiah pada kategori terendah terdapat pada indikator rasa ingin tahu dengan rata-rata 55,95%, sikap ilmiah tertinggi terdapat pada indikator tanggung jawab dengan rata-rata 89,28%, dan sikap ilmiah pada kategori cukup terdapat pada indikator sikap teliti, kerjasama, jujur dan kepedulian. Sedangkan prestasi belajar rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan 57,14%. Hasil korelasi berhubungan sangat kuat dengan r = 0,92. Disimpulkan terdapat hubungan antara sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Artikel ini sudah dipublikasi pada Jurnal Pena Kreatif September 2018, Volume 7, Nomor 1, Hal 52 - 61
Uncontrolled Keywords: Sikap ilmiah, prestasi belajar, korelasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:32
Last Modified: 09 Sep 2022 06:32
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1430

Actions (login required)

View Item View Item