STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN LTLC DENGAN GQGA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SEL KELAS XI SMA NEGERI I SUNGAI KAKAP

SETIADI, ANANDITA EKA and RAHAYU, HANUM MUKTI and KARMILA, KARMILA (2019) STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN LTLC DENGAN GQGA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SEL KELAS XI SMA NEGERI I SUNGAI KAKAP. Pena Kreatif, 8 (1). pp. 32-42. ISSN 2541-2264

[img]
Preview
Text
2 STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN LTLC DENGAN GQGA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SEL KELAS XI SMA NEGERI I SUNGAI KAKAP.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview

Abstract

Rata-rata hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Kakap pada mata pelajaran biologi masih di bawah KKM, khususnya pada materi Sel. Diharapkan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa serta memilih strategi mana yang paling efektif antara pembelajaran menggunakan LTLC dan GQGA. Bentuk peneltian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XIA sebagai kelas eksperimen I dan XIC sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah test pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan nilai uji U-mann Whitney 0.00<0,005. Hal tersebut menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan strategi LTLC dan GQGA. Nilai rata-rata hasil belajar menggunakan strategi LTLC 55,86 dan GQGA 39,64 sehingga disimpulkan LTLC lebih efektif dibandingkan GQGA.

Item Type: Article
Additional Information: Artikel ini sudah pernah dipublikasikan dalam Jurnal Pena Kreatif Vol 8 No 1 Tahun 2019
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi, GQGA, LTLC, Sel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:50
Last Modified: 08 Sep 2022 07:50
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item