EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI TEORI HIBRIDISASI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA

WINISANDIA, DINTA (2018) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI TEORI HIBRIDISASI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
i & v.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text (akses file ini dibatasi untuk menghindarkan plagiasi. jika ingin tetap mengakses, silahkan hubungi unit repository UM Pontianak. [email protected])
ii - iv.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Raya pada pembelajaran kimia khususnya sub materi teori hibridisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran index card match dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan strategi pembelajaran index card match pada sub materi teori hibridisasi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan rancangan Control Group PretestPosttest Design dengan subjek penelitian 29 siswa kelas kontrol dan 28 siswa kelas eksperimen XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Raya. Teknik dan alat pengumpul data menggunakan tes hasil belajar, observasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 38,45 dan nilai rata-rata posttest 52,60 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 21,25 dan nilai rata-rata nilai posttest sebesar 75,13. Hasil analisis statistik uji U Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yaitu lebih kecil dari α (0,000 < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran index card match dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan strategi pembelajaran index card match. Besarnya peningkatan hasil belajar diketahui dari perhitungan nilai effect size sebesar 0,94 dalam kategori tinggi sebesar 82,64%. Dengan demikian strategi pembelajaran index card match dapat diterapkan pada sub materi teori hibridisasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: index card match, strategi pembelajaran, teori hibridisasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:41
Last Modified: 05 Jul 2021 04:41
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item