PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN DISIPLIN SHOLAT ASHAR BERJAMAAH PADA SISWA MELALUI PUNISHMENT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN 2019/2020

DOZA, HEWING LELFI (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN DISIPLIN SHOLAT ASHAR BERJAMAAH PADA SISWA MELALUI PUNISHMENT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
i & v.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (akses file ini dibatasi untuk menghindarkan plagiasi. jika ingin tetap mengakses, silahkan hubungi unit repository UM Pontianak. perpus@unmuhpnk.ac.id)
ii - iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan disiplin sholat ashar berjamaah pada siswa melalui Punishment di Sekolah Menengah Atas Islamiyah Pontianak Tahun 2019/2020. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Pendekatan kualitatif. Subjeknya terdiri dari 7 orang siswa dan Guru PAI itu sendiri. Hasil penelitian menunjukan: 1) Guru sudah menjalankan peranya dengan baik, yakni bertanggung jawab terhadap pekerjaannya sebagai guru PAI untuk mengawasi siswa dalam menerapkan disiplin sholat ashar berjamaah dengan menjaga waktu sholat, tata cara sholat dan mengarahkan serta memberikan contoh-contoh kedisiplinan dengan menggunakan sanksi bagi siswa. Melalui peran tersebut guru telah berusaha mengatasi kendala-kendala kecil, seperti pelanggaran yang dilakukan siswa. 2) Masih terdapat kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan disiplin sholat ashar berjamaah pada siswa melalui punishment di SMA Islamiyah kurangnya disiplin, kurang dimonitor oleh kepala sekolah, penerapan disiplin yang tidak konsisten, ada sebagian kurang kerjasama, kurangnya partisipasi orang tua, masih ada pelanggaran yang dilakukan siswa, namun semua hal tersebut tidak terjadi pada semua kasus namun sebagian kecil, secara umum kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan disiplin dapat diatasi dengan baik oleh guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Disiplin, Sholat Ashar Berjamaah, Punishment
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:02
Last Modified: 24 Jun 2021 04:02
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item