PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA

GUNARTI, GUNARTI (2020) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
i & v.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (akses file ini dibatasi untuk menghindarkan plagiasi. jika ingin tetap mengakses, silahkan hubungi unit repository UM Pontianak. [email protected])
ii - iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

This study aims to examine the effect of Asset Structure, Sales Growth, and Company Size on Capital Structure in Manufacturing Companies in the Consumer Goods Industrial Sector listed on the Indonesia Stock Exchange. The sample used in this study were 40 Manufacturing Companies in the Consumer Goods Industry Sector. The sampling technique used was purposive sampling. The test used is the classic assumption test: normality test, multicollinearity test, autocorrelation test, heteroscedasticity test, linearity test. Statistical test: multiple linear regression test, multiple correlation analysis (R), analysis of the coefficient of determination (R ), simultaneous test, partial test. 2 The results of the normality test show that the data is normally distributed, indicating that there is no multicollinearity between the independent variables in the regression model, the model used does not occur autocorrelation, the data in this study does not occur heteroscedasticity, and the linearity test shows that the model used has a linear relationship. While the multiple correlation test shows that Asset Structure, Sales Growth and Company Size on Capital Structure have a low relationship with a value of 0.249, the coefficient of determination test shows that 6.2% of the variable Asset Structure, Sales Growth, Company Size in this study have an effect on Capital Structure. and 93.8% is influenced by other variables not studied. The simultaneous effect test (F test) shows that together the Asset Structure, Sales Growth, Company Size does not have a significant effect on Capital Structure and the partial test (t test) shows that Asset Structure, Sales Growth and Company Size have no significant effect on Capital Structure. // Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan Sampling Purposive. Uji yang digunakan adalah uji asumsi klasik : uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji linieritas. Uji statistik : uji regresi linier berganda, analisis korelasi berganda (R), analisis koefisien determinasi (R ), uji simultan, uji parsial. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, menunjukkan 2 bahwa tidak ada multikolinieritas antar variabel independen dalam model regresi, model yang digunakan tidak terjadi autokorelasi, data dalam penelitian ini tidak terjadi heteroskedastisitas, dan uji linieritas menunjukkan bahwa model yang digunakan mempunyai hubungan yang linier. Sedangkan uji korelasi berganda menunjukkan bahwa Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal memiliki hubungan yang rendah dengan nilai 0,249, uji koefisisen determinasi menunjukkan bahwa 6,2% variabel Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan dalam penelitian ini berpengaruh terhadap Struktur Modal dan 93,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Uji pengaruh simultan (Uji F) menunjukkan bahwa secara bersama-sama Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal dan uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asset Structure, Sales Growth, Company Size, Capital Structure, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 07 May 2021 02:56
Last Modified: 07 May 2021 02:56
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item