PROBLEMATIKA PROSES BELAJAR-MENGAJAR IPA SERTA SOLUSINYA DI Mts SIRATUL JANNAH KUBU RAYA

SINTIA, DEA PRAMURI (2020) PROBLEMATIKA PROSES BELAJAR-MENGAJAR IPA SERTA SOLUSINYA DI Mts SIRATUL JANNAH KUBU RAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
i & v.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (akses file ini dibatasi untuk menghindarkan plagiasi. jika ingin tetap mengakses, silahkan hubungi unit repository UM Pontianak. [email protected])
ii - iv.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)

Abstract

Berdasrkan hasil wawancara dengan guru IPA MTs Siratul Jannah, proses pembelajaran guru dan siswa harus berusaha agar pembelajarannya berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan karena dengan adanya pembelajaran yang tepat dan sesuai akan menghasilkan mutu pendidikan yang baik. Namun tidak semua proses pembelajaran yang dilaksankan oleh guru dan siswa khususnya guru yang mengajar APA dan siswa yang belajar IPA pada MTs Siratul Jannah Kubu Raya berjalan sebagai mana yang diharapkan, karena tidak didukung oleh sarana dan prasarana pembelajaran yang mendukung khususnya mata pelajaran IPA, hal tersebut membuat banyak siswa yang gagal dalam belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk problematika proses belajar mengajar IPA serta solusinya. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 22 orang siswa dan 1 orang guru IPA. Pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Problematika yang dialami guru IPA MTs Siratul Jannah Kubu Raya ialah kurangnya buku paket IPA, kesulitan menggunakan metode yang sesuai dengan materi, sulit meningkatkan minat belajar, tidak tersedianya alat-alat praktikum. Adapun solusi problematika belajar IPA adalah solusi secara sistematik dan teknis. Sedangkan bentu-bentuk problematika belajar IPA adalah lambat belajar, karakteristik siswa, kebiasaan belajar dan penguasaan bahasa. Adapun solusi terhadap problematika belajar IPA adalah remedial teaching dan assesmen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Proses Belajar-Mengajar IPA, Siswa danSolusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 06 Apr 2021 02:50
Last Modified: 06 Apr 2021 02:50
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1314

Actions (login required)

View Item View Item