PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN PONTIANAK UTARA

UNSPECIFIED (2016) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN PONTIANAK UTARA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Prodi Pendidikan PG PAUD.

[img]
Preview
Text
JURNAL WELYANA.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kedisiplinan guru Taman Kanak-kanak seperti jarang masuk dalam 1 minggu selalu absen serta kurang peduli terhadap pengarahan dari Kepala Sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin kerja guru, serta pengaruh gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap disiplin kerja guru Taman Kanak-kanak. Metode penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan Chi Kuadrat untuk gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak termasuk katagori baik dengan hasil 80,64% atau 25 dari 31 responden, sedangkan untuk disiplin kerja guru termasuk katagori baik dengan hasil 64,52% atau 20 dari 31 responden, dengan uji statistik regresi linier sederhana Y = 61,894 + 0,483X. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak terhadap disiplin kerja guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Pontianak Utara dikarenakan adanya kerjasama antara Kepala Sekolah dengan Guru-guru, sehingga kedisiplinan guru dapat terjadi, dengan hasil 55,5%, maka terdapat hubungan linier antara gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap disiplin kerja guru "This research is motivated by the lack of discipline of kindergarten teachers as rarely included in one week is always absent and less concerned about the direction of the Principal. The aim of this study was to describe the style of leadership of the principal, teachers working Discipline, as well as the influence of leadership style Headmaster of the work discipline kindergarten teacher. This research method using descriptive method with quantitative approach. The results using Chi Square for Principal Leadership style kindergarten including good category with the results of 80.64% or 25 of 31 respondents, while for the teacher labor discipline including good category with the results of 64.52% or 20 of 31 respondents, with a simple linear regression statistical test Y = 61.894 + 0,483X. conclusion from this study that a significant difference between the style of leadership of Principal kindergarten to working discipline kindergarten teacher in the district of North Pontianak due to the cooperation between the Principal with Teachers -Teacher, so discipline teachers can occur, with the result of 55.5%, then there is a linear relationship between the leadership style of the principal of the discipline of teachers' work."

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, disiplin Kerja Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin3 UM PTK
Date Deposited: 22 Mar 2017 10:20
Last Modified: 22 Mar 2017 10:20
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item