PENGARUH PENERAPAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP KEMAMPUAN MENDESAIN PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN SIMULASI PADA MAHASISWA PG-PAUD SEMESTER AKHIR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

DIANA, DIANA (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP KEMAMPUAN MENDESAIN PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN SIMULASI PADA MAHASISWA PG-PAUD SEMESTER AKHIR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK. Penakreatif, 2 (2). ISSN 2089-3027

[img]
Preview
Text
PENGARUH PENERAPAN METODE PETA PIKIRAN.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Kegiatan simulasi merupakan suatu program yang selalu ada dalam setiap jurusan FKIP, bahkan sudah menjadi mata kuliah yang wajib bagi mahasiswa jurusan PG-PAUD dalam mempersiakan mahasiswa pada Program Praktek Lapangan (PPL) dan akan menjadi calon guru, untuk mewujudkan calon pendidik ( guru) yang propesional harus didukung dengan sumber daya manusia yang memadai. Guru merupakan pembimbing dan teladan bagi anak-anak wajib mempunyai keterampilan dan kreativitas yang baik dalam kegiatan belajar mengajar, serta dapat mengelola pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan bagi anak untuk meningkatkan kualitas anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode peta pikiran terhadap kemampuan mendesain pembelajaran dalam kegiatan simulasi pada mahasiswa PG- PAUD semester akhir angkatan 2012 yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan disini menggunakan metode eksperimen . Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel diberikan pretest (tes awal) dan di akhir pembelajaran sampel diberi posttest ( tes akhir). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Perbandingan nilai signifikansi terlihat bahwa 0.000 < 0.05 . Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan setelah perlakuan pembelajaran menggunakan Mind Map

Item Type: Article
Additional Information: Artikel ini sudah dipublikasikan dalam Jurnal Penakreatif (ISSN 2089-3027) Volume 2 No.2 2015
Uncontrolled Keywords: Mind Map, Mendesain Pembelajaran, Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:31
Last Modified: 24 Feb 2021 04:31
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item