PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SUB MATERI KINGDOM ANIMALIA PADA KELAS VII SMP NEGERI 1 RASAU JAYA

ANGGRAINI, SEPTIANA SELVI (2017) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SUB MATERI KINGDOM ANIMALIA PADA KELAS VII SMP NEGERI 1 RASAU JAYA. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text (Akses versi ini dibuat terbatas untuk menghindari plagiasi. Silahkan menghubungi layanan referensi perpustakaan untuk mengakses file ini | [email protected])
bab ii - iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
bab i & v.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah hasil yang telah dicapai seseorang berupa kemampuan pengetahuan dan pemahaman, keterampilan serta sikap setelah menjalani proses belajar mengajar. Hasil belajar yang dinyatakan dengan nilai yang diperoleh siswa setelah memperoleh tes untuk mewujudkan proses pebelajaran sub materi kingdom animalia, dapat diterapkan metode picture and picture Rumusan masalahnya adalah (1) Apakah terdapat perbedaan metode picture and picture dengan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rasau Jaya (2) Apakah penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rasau Jaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah quasi eksperimen (Quasi Eksperimen Design) dengan bentuk penelitian Non-Equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian menggunakan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 39 dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 39. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sementara metode pengumpulan datanya menggunakan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian dengan perhitungan ketuntasan belajar yang rata-rata hasil belajar posttest kelompok eksperimen sebesar 80,51 dan kelas control 65,69. Berdasarkan hasil uji T menunjukkan bahwa Ha diterima ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran picture and picture memberikan pengaruh dalam menoingkatkan hasil belajar siswa dengan nilai effect size 1,04 atau sebesar 55,4% memiliki pengaruh yang besar terhadap pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan dan pengaruh terhadap hasil belajar IPA Biologi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran picture and picture.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode Picture And Picture, Sub Materi Kingdom Animalia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:26
Last Modified: 11 Jan 2021 04:26
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item View Item