UJI KELAYAKAN MODUL KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KALIMANTAN BARAT DI KELAS X SMAS ADISUCIPTO

NOVIANI, NOVIANI (2018) UJI KELAYAKAN MODUL KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KALIMANTAN BARAT DI KELAS X SMAS ADISUCIPTO. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text (Akses versi ini dibuat terbatas untuk menghindari plagiasi. Silahkan menghubungi layanan referensi perpustakaan untuk mengakses file ini | [email protected])
bab ii - iv.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img]
Preview
Text
bab i & v.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview

Abstract

Modul keanekaragaman hayati berbasis kearifan lokal masyarakat Kalimantan Barat telah dikembangkan dan perlu diuji kelayakannya, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan modul keanekaragaman hayati berbasis kearifan lokal masyarakat Kalimantan Barat di kelas X SMAS Adisucipto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data kepraktisan menggunakan angket dan keefektifan menggunakan hasil belajar, Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel adalah siswa kelas X dan guru biologi SMAS Adisucipto. Hasil penelitian kepraktisan modul keanekaragaman hayati berbasis kearifan lokal mendapat respon positif berdasarkan aspek kemudahan pemahaman mendapat respon tinggi (79,25% ), aspek kemandirian belajar mendapat respon tinggi (76% ), aspek keaktifan belajar mendapat respon tinggi (81,25% ), aspek minat terhadap modul mendapat respon tinggi (83,25% ), aspek penyajian modul mendapat respon tinggi (82% ), aspek penggunaan modul mendapat respon tinggi (80,25% ). Modul keanekaragaman hayati berbasis kearifan lokal masyarakat Kalimantan Barat dinyatakan efektif berdasarkan persentase hasil belajar yang mencapai ketuntasan klasikal mencapai 82,35%. Disimpulkan modul materi keanekaragaman hayati berbasis kearifan lokal masyarakat Kalimantan Barat praktis dan memperoleh respon positif dari siswa dan keefektifan digunakan dalam proses pembelajaran di SMAS Adisucipto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Kearifan Lokal, Kalimantan Barat, Kepraktisan, Keefektifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 28 Dec 2020 03:44
Last Modified: 28 Dec 2020 03:44
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item