PENGARUH PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

S, MARDIANA (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
BAB I & V.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Akses versi ini dibuat terbatas untuk menghindari plagiasi. Silahkan menghubungi layanan referensi perpustakaan untuk mengakses file ini | [email protected])
BAB II - IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak antara lain masih banyak siswa yang ribut dan masih rendahnya tingkat keaktifan siswa (siswa jarang mengajukan pertanyaan) di kelas saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi masalah dalam proses pembelajaran tersebut, maka diperlukan satu metode pembelajaran yang dapat memacu siswa lebih aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif (metode GQGA dan QSH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh metode Giving Question And Getting Answer (GQGA) dengan Question Student Have terhadap aktivitas dan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) yang menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Simple Random dengan kelas X MIA-3 sebagai kelas GQGA dan X MIA-1 sebagai kelas QSH. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh aktivitas siswa menggunakan effect size memberikan pengaruh sebesar 38,2 % dengan nilai ES 0,6 dalam kategori besar. Sedangkan pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan effect size memberikan pengaruh sebesar 51,6 % dengan nilai ES 0,9 dalam kategori besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang besar terhadap aktivitas siswa dan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan metode question student have (QSH) dan getting question and getting answer (GQGA). //

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa, Berpikir Kreatif, GQGA, QSH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:52
Last Modified: 22 Dec 2020 03:52
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item View Item