PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK

ROZIANA, ROZIANA (2020) PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
BAB I & V.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Akses versi ini dibuat terbatas untuk menghindari plagiasi. Silahkan menghubungi layanan referensi perpustakaan untuk mengakses file ini | perpus@unmuhpnk.ac.id)
BAB II - IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Berpikir kreatif merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran. Berpikir kreatif memiliki empat indikator yaitu kelancaran, keluwesan, merinci dan asli. Berpikir kreatif juga dipengaruhi oleh metode yang diterapkan pada saat pembelajaran di kelas. Metode project based learning merupakan metode yang menunjang berpikir kreatif. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian Pre Eksperimental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat pengumpulan data yaitu menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Hasil penelitian ini yaitu diketahui pengaruh metode project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan makanan dengan n-gain sebesar 0,71. Persentase berpikir kreatif siswa yaitu 64,68% dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Berpikir kreatif, Sistem Pencernaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:42
Last Modified: 21 Dec 2020 03:42
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item