ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA (BIOLOGI) KELAS VIII DI SMP NEGERI KECAMATAN CAPKALA

ISMAWATI, ISMAWATI (2019) ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA (BIOLOGI) KELAS VIII DI SMP NEGERI KECAMATAN CAPKALA. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
BAB I & V.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (Akses versi ini dibuat terbatas untuk menghindari plagiasi. Silahkan menghubungi layanan referensi perpustakaan untuk mengakses file ini | [email protected])
BAB II - IV.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)

Abstract

Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kecamatan Capkala ditemukan keterbatasan media pembelajaran IPA (Biologi) yang dimiliki sekolah sehingga guru hanya memanfaatkan media yang tersedia dan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui media pembelajaran IPA (Biologi) yang sering digunakan dan penggunaan serta manfaat dari media pembelajaran IPA (Biologi) yang ada pada kelas VIII di SMP Negeri Kecamatan Capkala. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan Siswa kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling berdasarkan guru yang menetukan siswa yang akan menjadi sampel. Alat pengambilan data menggunakan lembar observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah jenis media pembelajaran IPA (biologi) yang sering digunakan pada kelas VIII di SMP Negeri Kecamatan Capkala yaitu Media cetak. Adapun penggunaan dari media tersebut yang paling sering digunakan jenis media cetak. Hasil analisis angket guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran secara keseluruhan rata-rata 90,28% dengan kategori sangat kuat dan hasil analisis angket respon siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran IPA (biologi) secara keseluruhan memiliki rata-rata 81,75% dengan kategori sangat kuat. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran dengan kategori sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Media pembelajaran, mata pelajaran biologi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 02:26
Last Modified: 21 Dec 2020 02:32
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item