PENGARUH KEGIATAN MELUKIS DENGAN KUAS TERHADAP KEMAMPUAN DASAR SENI ANAK KELAS B DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAMIYAH PONTIANAK

INDRIANA, INDITA (2019) PENGARUH KEGIATAN MELUKIS DENGAN KUAS TERHADAP KEMAMPUAN DASAR SENI ANAK KELAS B DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAMIYAH PONTIANAK. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
BAB I & V.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (unpublished version)
BAB II - IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kegiatan melukis di sekolah selama ini hanya menggunakan cat krayon sebagai alat yang digunakan dalam kegiatan melukis untuk anak-anak. Guru selama ini hanya meminta anak-anak mereka untuk melukis menggunakan cat krayon dengan tema tertentu, guru membimbing sekaligus mengarahkan anak-anak saat kegiatan melukis berlangsung, guru juga membolehkan anak untuk bertukar ide mengenai warna yang akan digunakan dalam kegiatan melukis dengan rekannya. Oleh karena itu, peneliti memberikan tawaran baru dalam kegiatan melukis, yaitu dengan menggunakan kuas sebagai alat, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan dasar seni dari pengaruh kegiatan melukis menggunakan kuas terhadap anak kelas B di Taman Kanak-kanak Islamiyah Pontianak. Metode penelitian kuantitiatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen. Penelitian ini berorientasi pada One group Pretest-Posttest Design yang mana terdapat pretest dan posttest, sehingga pengaruh treatment dapat dihitung dengan membandingkan nilai posttest dan pretest. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa dan siswi anak kelas B Taman Kanakkanak Islamiyah Pontianak sebanyak 16 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini 6 (enam) orang anak laki-laki dan 6 (enam) orang anak perempuan. Jadi, berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang terbukti berdasarkan hasil pretest dan posttest yang mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan t-hitung sebesar 10,100 sedangkan t-tabel N = 12 pada taraf kepercayaan 95% = 2,096 dengan demikian nilai hitung ≥ t-tabel (10,00 ≥ 2,960) dan signifikansi (0,000% ≤ 0,05). Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh kegiatan melukis dengan kuas terhadap kemampuan dasar seni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Melukis, Kemampuan Dasar Seni, Taman KanakKanak Islamiyah Pontianak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 01 Dec 2020 03:47
Last Modified: 01 Dec 2020 03:47
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item View Item