MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN STUDI DI MA’HAD AL-KHANSA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

HAKAM, IMAM (2020) MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN STUDI DI MA’HAD AL-KHANSA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK. Skripsi thesis, Fakultas Agama Islam.

[img] Text
BAB II - IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I & V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kendala/masalah yang dihadapi saat belajar di Ma’had Al-Khansa meliputi; ketidakpercayaan diri; ketidaknyamanan/kelelahan fisik; penyampaian materi kurang menarik; materi pembelajaran di luar topik; materi sulit; intelegensi rendah. Faktor intrinsik yang memengaruhi motivasi belajar meliputi; tingkat intelegensi rendah; tidak sesuai dengan bakat; sesuai minat; harga diri sebagai mahasiswa baik; sikap kurang bertanggungjawab; kesiapan waktu namun tidak siap dalam hal materi. Solusi yang diterapkan meliputi: menetapkan tujuan/target menerapkan cara belajar yang disukai; mahasiswa berdiskusi dengan teman yang lebih pandai; mengikuti pembelajaran di luar jam perkuliahan; membentuk kelompok belajar; dukungan orang tua. // Obstacles faced while studying at Ma'had Al-Khansa include; self-doubt; physical discomfort / fatigue; the delivery of material is less attractive; off-topic learning material; tough material; low intelligence. Intrinsic factors that influence learning motivation include; low intelligence level; incompatible with talent; according to interest; good self-esteem as a student; less responsible attitude; readiness of time but not ready in material terms. The solutions applied include: setting goals / targets to apply the preferred learning method; students discuss with smarter friends; follow learning outside lecture hours; forming study groups; parental support.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi intrinsik, belajar, Ma’had Al-Khansa. intrinsic motivation, learning, Ma'had Al-Khansa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 01 Dec 2020 03:22
Last Modified: 01 Dec 2020 03:22
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item