KAJIAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DITINJAU DARI LITERASI SAINS PISA KELAS XII SMAN 1 TELUK KERAMAT

TOMI, mr and Dini Hadiarti, mrs and Rody Putra Sartika, mr (2015) KAJIAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DITINJAU DARI LITERASI SAINS PISA KELAS XII SMAN 1 TELUK KERAMAT. FKIP Program Studi KIMIA.

[img] Text
JURNAL TOMI.pdf

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK Literasi Sains merupakan kunci sukses untuk menghadapi tantangan di zaman globalisasi ini. Literasi sains kini menjadi tuntutan untuk dikuasai oleh setiap individu baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia pekerjaan. Individu yang melek sains dapat menggunakan informasi ilmiah yang dimilikinya untuk mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan siswa dalam pembelajaran kimia ditinjau dari literasi sains siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Teluk Keramat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 1 Teluk Keramat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pengukuran dan komunikasi langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar bentuk essay dan pilihan ganda dalam wacana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Teluk Keramat sudah cukup melatih kemampuan literasi sains siswa, yang diketahui dari hasil kemampuan literasi sains yang diperoleh oleh siswa yaitu sebesar 68,91% untuk kemampuan konten sains yang dikategorikan sedang dan 68,91% untuk kemampuan konteks sains yang dikategorikan sedang. Kata kunci : Kemampuan Siswa, Literasi Sains, dan Pembelajaran Kimia ABSTRACT Science literacy is a key to face the challenge in this global era. It becomes a demand to be mastered by every individual whether in daily life or work field. An individual who is aware of science can use the scientific information that he has, to solve the problem in daily life. This research is done to give a description about twelve grade students' ability in learning chemistry based on PISA science literacy in SMAN 1 Teluk Keramat. The method applied in this research is quantitative descriptive. The sample of this research were twelve grade students of SMAN 1 Teluk Keramat. To collect data, the writer implemented some techniques. Those are measurement technique and direct communication technique. The instruments in collecting data in this research are students' achievement test in the form of essay and multiple choice in a passage. Based on the research findings, it showed that chemistry learning in SMAN 1 Teluk Keramat have already trained students' ability in science literacy. It is found that the students' ability in science literacy is about 68,91% for the content science ability which is categorized as intermediate level and 68,91 for the context science ability, categorized as intermediate level.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa, Literasi Sains, dan Pembelajaran Kimia Students' ability, science literacy, and chemistry learning
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 22 Mar 2017 09:14
Last Modified: 23 Mar 2017 08:04
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item