Surati, mrs and Dini Hadiarti, mrs and Tuti Kurniati, mrs (2015) PENGEMBANGAN MEDIA GAME ULAR TANGGA BERBASIS FLASH PADA MATERI TEORI ATOM KELAS X SMA NEGERI 2 PONTIANAK. FKIP Program Studi KIMIA.
|
Text
JURNAL SURATI.pdf Download (447kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media yang digunakan guru pada materi Teori Atom belum efektif dan efisien. Dibutuhkan media yang tepat dan sesuai karakteristik siswa yaitu media pembelajaran game ular tangga berbasis flash. Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan media game ular tangga berbasis flash pada materi Teori Atom kelas X MIA SMA Negeri 2 Pontianak yang valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai bahan ajar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 3D (Define, Design, Develop) modifikasi dari model yang direkomendasikan Thiagarajan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan teknik komunikasi tidak langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan lembar tes hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa media game ular tangga berbasis flash yang dikembangkan valid dengan nilai kevalidan sebesar 3,52, mendapat respon positif dari siswa dan guru dengan nilai kepraktisan sebesar 85,78 % dan 75 %, serta memenuhi aspek keefektifan karena terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan (< 0,05) sebelum dan sesudah menggunakan media melalui uji statistik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media game ular tangga berbasis flash yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Kata Kunci: media game berbasis flash, teori atom, ular tangga
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media game berbasis flash, teori atom, ular tangga |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Sub Admin4 UM PTK |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 09:05 |
Last Modified: | 23 Mar 2017 08:01 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/117 |
Actions (login required)
View Item |