INVENTARISASI TUMBUHAN PAKU DI KEBUN RAYA SAMBAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SUB MATERI PTERIDOPHYTA DI SMA

SETIADI, AGUS (2019) INVENTARISASI TUMBUHAN PAKU DI KEBUN RAYA SAMBAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SUB MATERI PTERIDOPHYTA DI SMA. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
II - IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
I & V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Potensi tumbuhan paku di Kebun Raya Sambas belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar di sekolah karena tidak ada penelitian tumbuhan paku sebelumnya. Oleh karena itu diperlukan kegiatan inventarisasi tumbuhan paku. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan paku teresterial di Kebun Raya Sambas dan mengetahui potensinya sebagai sumber belajar pada submateri Pteridophyta. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksplorasi. Sumber data berupa tumbuhan paku yang terdapat di Kebun Raya Sambas dan dokumen master plan Kebun Raya Sambas. Teknik pengambilan data berupa observasi, pengambilan sampel, identifikasi tumbuhan, dan wawancara. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, peralatan pengambilan sampel, buku identifikasi tumbuhan dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 9 spesies yang terbagi menjadi 7 famili yaitu Famili Blechnaceae, family Pteridaceae, family Thelypteridaceae, family Gleicheniaceae, family Dryopteridaceae, family Lycopodiales, dan family Dennstaedtiaceae. Hasil penelitian ini telah memenuhi sebagai syarat sumber belajar pada submateri Pteridophyta di SMA yaitu kejelasan potensi, kesesuaian dengan tujuan belajar, kejelasan sasaran, kejelasan informasi yang diungkap, kejelasan pedoman eksplorasi, dan kejelasan perolehan yang diharapkan. Hasil penelitian ini layak digunakan sebagai sumber belajar pada submateri Pteridophyta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebun Raya Sambas, Pteridophyta, sumber belajar biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:23
Last Modified: 04 Nov 2020 03:23
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item