PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

Maftuha, mrs and Elin B. Somantri, mr and FITRIANI, Mrs (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK. FKIP Program Studi KIMIA.

[img] Text
JURNAL MAFTUHAH.pdf

Download (505kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui; 1) ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar siswa, dan 2) besar pengaruh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbantuan media flash dalam meningkatkan hasil belajar pada materi konsep asam basa siswa kelas XI IPA. Bentuk penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Kelas dengan nilai ketuntasan paling tinggi dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas dengan nilai paling rendah dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Sebelum digunakan, tes hasil belajar divalidasi menggunakan validitas isi yaitu oleh tiga orang validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa tes hasil belajar layak digunakan. Tes hasil uji hipotesis menggunakan uji U Mann_Whitney dengan α sebesar 5% diperoleh Zhitung (2.275) ≤ Ztabel (-1.96). Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Selain itu, pembelajaran ini memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai Effect Size sebesar 0,45 yang tergolong sedang 17,36%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Konsep Asam Basa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Konsep Asam Basa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 22 Mar 2017 08:47
Last Modified: 23 Mar 2017 07:57
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item