PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH BERBASIS SIMBOLIK DAN MIKROSKOPIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 6 PONTIANAK

HARINI LISTIA KUMBINI, Mrs and ELIN B SOMANTRI, Mr and FITRIANI, Mrs (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH BERBASIS SIMBOLIK DAN MIKROSKOPIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 6 PONTIANAK. FKIP Program Studi KIMIA.

[img] Text
JURNAL HARINI LUSTIA KUMBINI.pdf

Download (525kB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran menggunakan media flash berbasis simbolik dan mikroskopik dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami ilmu kimia yang sebagian besar konsepnya bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh pembelajaran melalui metode ceramah menggunakan media flash berbasis simbolik dan mikroskopik dan pembelajaran metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 6 Pontianak. Pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil uji hipotesis pada data nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji U-Mann Whitney dengan α= 5% diperoleh Zhitung = -5,176 < Ztabel = -1,96 berada pada daerah penerimaan Ha. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan melalui metode ceramah menggunakan media flash berbasis simbolik dan mikroskopik dengan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Besarnya pengaruh pembelajaran menggunakan media flash pada materi ikatan kimia dengan effect size sebesar 1,27 tergolong tinggi. Selanjutnya nilai dari effect size tersebut dibandingkan dengan tabel Z untuk mengetahui persentase pengaruh pembelajaran menggunakan media flash pada materi ikatan kimia, sehingga luas di bawah lengkungan kurva normal dari 1,27 yaitu 0,3980 diperoleh persentasenya sebesar 39,8%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode ceramah menggunakan media flash pada materi ikatan kimia dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik daripada pembelajaran metode ceramah tanpa menggunakan media flash. Kata kunci : hasil belajar, ikatan kimia, pembelajaran penggunaan media Flash berbasis simbolik dan mikroskopik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, ikatan kimia, pembelajaran penggunaan media Flash berbasis simbolik dan mikroskopik
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 22 Mar 2017 06:47
Last Modified: 23 Mar 2017 07:53
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item