UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL PERBENDAHARAAN KOSA KATA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK JIGSAW PAUD KASIH BUNDA KECAMATAN PONTIANAK SELATAN

Tri widayati, mrs (2015) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL PERBENDAHARAAN KOSA KATA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK JIGSAW PAUD KASIH BUNDA KECAMATAN PONTIANAK SELATAN. FKIP Program Studi PG PAUD.

[img]
Preview
Text
JURNAL TRI WIDAYATI.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Mengenal Perbendaharaan Kosa Kata Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Jigsaw PAUD Kasih Bunda Kecamatan Pontianak Selatan. Anak-anak di PAUD Kasih Bunda banyak mengalami kesulitan dalam mengenal perbendaharaan kosa kata karena teknik pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Proses pembelajaran di dalam kelas ditemukan masalah : masih terdapat anak yang belum dapat mengenal huruf awal pada nama buah-buahan, menyebutkan nama-nama buah, mencocokkan kartu gambar dengan kartu nama, dan menghubungkan gambar dengan kata. Pembelajaran kooperatif teknik jigsaw belum pernah diterapkan oleh guru di PAUD Kasih Bunda Kecamatan Pontianak Selatan sehingga proses pembelajaran terkadang membosankan bagi anak. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan perbendaharaan kosa kata anak dengan penggunaan teknik jigsaw. Pemecahan masalah dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan Kualitatif. PTK dilaksanakan dengan tiga siklus yang berhubungan satu sama lain dan siklus selanjutnya merupakan perbaikan dari siklus sebelumnya. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dikelompok BI dengan jumlah anak sebanyak 30 anak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa anak dapat mengenal huruf awal pada nama buah-buahan, anak dapat menyebutkan nama-nama buah, anak dapat mencocokkan kartu gambar dengan kartu nama, dan anak dapat menghubungkan gambar dengan kata. kemampuan mengenal kosa kata anak meningkat dengan menggunakan teknik jigsaw, dapat meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata anak kelompok BI PAUD Kasih Bunda Pontianak dengan nilai pada siklus I sebesar 10,84%, siklus II sebesar 19,17%, siklus III sebesar 57,5%. Kata kunci : Teknik Jigsaw, Meningkatkan Perbendaharaan Kosa Kata Anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknik Jigsaw, Meningkatkan Perbendaharaan Kosa Kata Anak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 22 Mar 2017 06:37
Last Modified: 23 Mar 2017 07:52
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item