KORELASI KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE DEBAT PADA MATERI KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK

LESTARI, YULI PUTRI (2019) KORELASI KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE DEBAT PADA MATERI KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
151630562.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Keterampilan argumentasi ilmiah dan berpikir kritis menggunakan metode debat menunjukkan adanya peningkatan namun belum diketahui hubungan antara keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir kritis menggunakan metode debat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi keterampilan argumentasi ilmiah dan berpikir kritis melalui metode debat siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak pada materi kependudukan dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pengukuran dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keterampilan argumentasi ilmiah mengacu pada Toulmin’s Argument Pattern (TAP) dengan level 0, 1, 2, 3, 4, & 5. Keterampilan berpikir kritis menggunakan 6 indikator yaitu interprestasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplikasi, dan regulasi diri. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi keterampilan argumentasi ilmiah dan berpikir kritis melalui metode debat pada siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak sebesar 0,854 dengan kategori sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 12 May 2020 07:24
Last Modified: 05 Jun 2020 03:34
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item