OKTAPIYANTI, 151630631 (2019) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN PEMBELAJARAN MAKE - A MATCH TERHADAP ASPEK AFEKTIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 9 PONTIANAK. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
|
Text
151630631.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pada kurikulum 2013 terdapat tiga aspek yang akan dinilai, yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik, namun penilaian aspek afektif sangat jarang dilakukan. Pentingnya aspek afektif dalam pembelajaran adalah untuk membangun karakter-karakter siswa yang baik pada saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu dibutuhkan model pembelajaran yang tepat agar aspek afektif siswa menjadi lebih baik dan dapat membuat siswa bersikap lebih baik pada proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aspek afektif siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak antara yang diajar dengan model pembelajar Role Playing dan model pembelajaran Make – a Match. Penelitian ini termasuk True Experimental Design dengan rancangan Posttest Only Control Design. Penentuan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji U Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aspek afektif pada eksperimen I 84,32 dan eksperimen II 83,43. Sedangkan hasil uji U Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,760 > 0,05. Kesimpulan penelitian ini yaitu nilai afektif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Role Playing dan model pembelajaran Make – a Match tidak ditemukan perbedaan. Kata Kunci : Aspek Afektif, Materi Sistem Pencernaan Manusia, Role Palying, Make – a Match
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo |
Date Deposited: | 06 May 2020 04:28 |
Last Modified: | 06 May 2020 04:28 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1076 |
Actions (login required)
View Item |