MUHAMAD GUNAWAN, 141630126 (2020) ANALISIS MANAJEMEN LABORATORIUM IPA DI SMPN 03 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
|
Text
141630126.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2018 di SMPN 03 Sungai Kakap, sekolah memiliki 1 ruangan laboratorium IPA yang jarang terpakai dan guru mengungkapkan bahwa laboratorium belum memiliki kepala laboratorium atau laboran. Selain itu, guru juga mengungkapkan keterbatasan alat dan bahan pada laboratorium juga menjadi faktor yang menyebabkan kurang efektifnya kegiatan praktikum di sekolah. Untuk mengetahui manajemen laboratorium IPA di SMPN 03 sungai kakap kabupaten kubu raya. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah SMPN 03 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan kemunikasi tidak langsung. Dari hasil penelitian secara umum persyaratan manajemen laboratorium IPA meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan, 4) Pengawasan. Namun dari keempat indikator SMPN 3 Sungai Kakap hanya memiliki 10 kriteria manajemen laboratorium. Hal ini menunjukan bahwa secara umum manajemen laboratorium SMPN 3 Sungai Kakap masih belum terlaksana dengan baik. Karena belum memenuhi semua kriteria yang tercakup dalam perangkat manajemen laboratorium. Kata kunci: Laboratorium, IPA, Manajemen, Analisis, sungai kakap
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laboratorium, IPA, Manajemen, Analisis, sungai kakap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo |
Date Deposited: | 05 May 2020 04:51 |
Last Modified: | 05 May 2020 04:51 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1072 |
Actions (login required)
View Item |